Grafik komputer merupakan salah satu ilmu
yang dipelajari di teknik informatika dan ilmu komputer. Aplikasi grafik
komputer ini sangat sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Adapun
perbedaan grafik komputer dan pengolahan citra. Grafik komputer adalah ilmu
yang mempelajari tentang suatu objek gambar. Sedangkan pengolahan citra adalah
mengolah sebuah citra lama sehingga menjadi citra baru.
1.
Video
Game
Video game adalah permainan
yang melibatkan interaksi dengan user interface untuk menghasilkan umpan balik
berupa visualisasi pada perangkat video. Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai
yang sederhana 2 dimensi, seperti tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan
memerlukan resource banyak, seperti game sepakbola Winning Eleven. Dari yang
yang standalone hingga online network, seperti Ragnarok. Dari PC, console,
hingga mobile
devices.
devices.
Dalam teknologi game, Grafik Komputer bertujuan
menghasilkan citra (lebih tepat disebut grafik atau Picture) dengan primitif
-primitif geometri seperti garis, lingkaran, dan sebagainya. Primitif-primitif
geometri tersebut memerlukan data deskriptif untuk melukis elemen-elemen
gambar. Contoh data deskriptif adalah koordinat titik, panjang garis, jari-jari
lingkaran, tebal garis, warna, dan sebagainya. Grafika komputer memainkan
peranan penting dalam visualisasi dan virtual reality. Sedangkan Pengolahan
Citra ini bertujuan untuk memperbaiki kualitas citra pada grafik agar mudah
diinterpretasi oleh manusia atau mesin (dalam hal ini komputer). Bentuk
sederhana dari keduanya adalah grafika komputer 2D yang kemudian berkembang
menjadi grafika komputer 3D, pemrosesan citra (image processing).
2. Bidang Pendidikan
Grafik komputer pada pendidikan digunakan untuk mempresentasikan
objek-objek pada siswa secara nyata, dapat melalui power point ataupun software
lainnya.
3. Fotografi
Bidang Fotografi, kemajuan dibidang fotografi membri dampak pada
bidang-bidang astronomi, photogrametry, dan fisika partikel. Para astronom
dapat melakukan pengukuran terhadap posisi dan jarak suatu bintang dari foto
udara. Para fisikiawan menggunakan citra dari gelembung hydrogen untuk
melakukan penelitian dan telah mengantarkan kepada penemuan berbagai partikel
dasar.
Contoh : Penemuan galaksi tertua oleh astronom
4. Film
Pengolahan Citra Digita dalam dunia film:
Dimanfaatkan untuk menghaluskan gambar menajamkan, memberi efek terang. Memberi
kesan timbul,memberi efek morphing dan lain-lain.
Contoh : Transformers 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar